Jumat, 01 Juni 2012

Art of the day

Tidak terasa sudah memasuki pertengahan tahun lagi.. Sudah bulan Juni lagi.. Oiya, Selamat hari kelahiran Pancasila dan Hari Anak Internasional. Semoga nasib seluruh anak-anak di dunia akan berubah menjadi lebih baik. Lebih baik dari puluhan anak-anak yang menjadi korban pembantaian di Al-Huula, Suriah. Hufft.. Let's hope for the best. Bagaimanapun.. Kabar di Kampus Despro jauh lebih baik daripada kabar di Suriah. Salah seorang teman pulang dengan membawa kabar gembira..hahah..  Congrats kepada Deden Faturahman sudah berhasil menjadi juara 1 dalam kategori ilustrasi digital dalam Nirmana Award 2012.

Jadi sebagai teman yang baik *ecie hahaha... Pada post kali ini saya akan me-review karya Deden tersebut. Judulnya Mainanku Kreasiku Pemenang Trophy Gold Nirmana Award 2012




Bagus ya? :3

Style-nya mungkin bukan terlalu berciri-khas ilustrasi buku anak, style-nya rough digital painting khas Deden. Warna yang digunakan adalah warna-warna soft pastel yang berkesan dreamy dan lembut seperti gula-gula kapas. Ilustrasi ini cenderung realis tanpa outline dan mengingingatkan saya pada gaya ilustrasi Claudio Cerri. Secara komposisi dan pemilihan angle juga sangat menarik. Detil pada batik, ekspresi wajah, dan topengnya sangat menarik. Secara visual saya tidak menemukan nilai minus dari ilustrasi ini  (dan ilustrasi Deden lainnya sebenarnya)

Menurutku yang paling menarik dari karya ini yang membuatnya unggul dibandingkan dengan kontestan lain adalah konten dan isi ilustrasi ini yang mampu menangkap kesan kerinduan masa kanak-kanak. Sosok anak dengan kaos kutang, jubah sarung dan celana pendek yang menunggangi kuda lumping dan ditemani oleh mainan masa kanak-kanak tradisional.  Membuat saya rindu dengan masa kanak-kanak saya dulu yang penuh kesederhanaan. Saat kita masih bermasin bersama teman2 di luar rumah, bermain layang-layang, kelereng, gasing, dan perahu dari kulit jeruk. Minggu lalu, saya berniat membuat mainan dari kulit jeruk untuk si Nana, adik saya yang baru mau naik kek kelas 2 SD.. Dengan polosnya dia bertanya "itu apa?" sayapun mengurungkan niat untuk membuat mainan dari kulit jeruk bali itu. Generasi adik saya sudah tidak mengenal mainan-mainan yang ada pada ilustrasi di atas sepertinya...fuhh..

Untuk teman-teman lain yang penasaran dengan karya Deden yang lain, bisa kunjungi web-nya dan Fb-nya ... Semoga setelah melihat teman kita yang sudah berhasil ini memberi semangat bahwa kita juga pasti bisa! :3 

2 komentar: