Selasa, 12 Juni 2012

Interview dengan mbak Retna - Editor JP Book Kids



Beberapa minggu lalu saya dan  Rena -- berkunjung ke kantor Jawa Pos Lama di daerah Karah- Surabaya untuk menyerahkan naskah buku anak Hanoman... dan sedikit bertanya-tanya seputar penerbitan dan pembuatan buku anak. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, sambil berbisnis urusan tugas terpenuhi.. Hihi... Selain itu, kami ingin mengetahui tanggapapn mengenai bidang children book ini dari sudut pandang editor. Yang menyambut dan menerima kami pada saat itu adalah mbak Retna Mashita, editor JP book Kids. Salah satu bagian JP Book yang khusus menangani penerbitan buku anak. Mbak retna orang yang sangat menyenangkan, baik dan sabar dalam menjawab pertanyaan kami. Wawancara kami berlangsung sekitar 2 jam, dan banyak sekali wawasan baru yang kami dapat dari sana. Bagi teman- teman lain yang ingin membuat buku anak, baca terus ya~


Apa saja jenis buku anak yang sudah diterbitkan oleh JP Book Kids?

Buku dongeng, fabel dan buku media pembelajaran untuk PAUD. Seperti buku aktifitas untuk TK A dan TK B, kemudian buku-buku anak yang diluar digunakan di TK seperti buku seri sahabatku. Lalu ada juga dongeng bunda dan ananda, tujuannya mendekatkan bunda dan ananda saat membaca. Lalu pada saat ramai-ramainya tentang peningkatan karakter anak, kita sudah punya buku seri, salah satunya berjudul "Kancil - Dongeng anti Korupsi". Kemudian ada juga seri mewarnai dan lain-lain. Sebenarnya JP Book termasuk masih baru dalam menerbitkan buku untuk anak - anak, dan ternyata respon pasar pun positif sehingga sejauh ini kami merasa buku – buku kami cukup sukses di pasaran.


Apa yang diharapkan publisher terhadap author buku anak terutama yang bertema sains?

Untuk sementara ini JP Book menerima segala konsep buku anak bertema sains, karena JP Book berada dalam tahap pengembangan untuk pemproduksian variasi buku untuk anak – anak.


Mengapa sebelum seorang author buku anak mengirimkan karyanya, JP Book meminta contoh gaya gambar author tersebut?

Dari buku anak, kan yang paling menonjol adalah gambar sama ceritanya. Kita dari pihak redaksi jika ingin menyelami contoh karya yang dikirim, biasanya kita meminta calon penulis kita untuk mengirimkan contoh. Cukup mengirimkan judul buku, karakter gambar 1-2 halaman saja , terakhir beri sinopsis. Setelah itu 1-2 halaman contoh karya dibawa ke rapat. Di dalam rapat tersebut ada redaksi, marketing, bagian desain, managerial dan keuangan. Apabila bagian redaksi setuju dengan cerita, bagian desain menyukai layout dan karakter ilustrasi dan sebagainya, bagian marketing menilai apakah buku ini layak jual, atau sudah terlalu banyak di pasaran, terakhir bagian keuangan memperhitungkan harga yang diminta atau ditawarkan. Apabila hasil rapat menyetujui konsep dan gaya gambar, author dapat melanjutkan membuat buku hingga selesai. Kita memberi PO atau purchase order, PO ini semacam deal bahwa konten yang akan dikerjakan sudah disetujui dari segi harga, jumlah halaman, dan isinya apabila ada revisi dikerjakan sesuai dengan deadline yang sudah diberikan sesuai kontrak kerja.


Berdasarkan riset, anak – anak lebih menyukai karakter yang ada di kehidupan sehari – hari dan karakter dari kartun atau acara televisi yang sudah ada, apakah benar?

Anak-anak memang menyukai karakter yang dekat dengan kehidupan mereka sehari-hari. Mereka kurang suka dengan karakter yang memiliki bentuk dan karakter yang terlalu jauh dari yang sudah mereka kenal.


Gaya gambar seperti apakah yang populer untuk buku anak pada saat ini?

Sebenarnya tidak ada gaya gambar yang benar-benar populer, misalnya saat ini banyak buku yang menggunakan ilustrasi menggunakan 3D atau clay toys. Kami mengira itulah tren saat ini, ternyata tidak. Gaya gambar yang ada di pasaran saat ini adalah bentuk kreasi dari penerbit atau penulis. Selain itu menurut riset, ada anak-anak tertentu yang menyukai kontras tinggi dan yang menyukai garis tebal, sementara yang lain menyukai warna pastel. Belum ada pakem sebenarnya untuk gaya gambar yang populer di pasar.


Apakah bisa jika seorang author ingin menawarkan gaya gambar yang berbeda dari gaya gambar yang sudah marak di pasaran?

Sangat Bisa, kami sangat bersemangat untuk mengeluarkan buku dengan visual dan konsep yang beraneka ragam.

Bagaimana pemilihan objek visual untuk buku anak bertema sains?

Kami menyerahkan sepenuhnya kepada author atau ilustrator yang membuat, yang penting masih sesuai dengan anak-anak, tidak mengandung kekerasan dan gambar-gambar yang menggangu. Hal lain yang perlu diperhatikan apabila memasukkan foto yang diambil dari internet author harus mencantumkan sumber.

Bagaimana porsi teks / cerita terhadap gambar dalam penyusunan buku anak yang baik?

Sebaiknya teks dalam buku anak tidak terlalu panjang dan rumit. Cukup 2-3 kalimat dalam satu halaman. Yang penting adalah bagaimana anak bisa mencerna dan memahami tiap halaman agar materi yang disampaikan. Bahasa jangan terlalu kaku agar anak tidak bosan.


Bagaimana kondisi pasar terhadap dua jenis konsep penyusunan buku anak (kumpulan cerita dan buku tunggal)? JP Book ebih memilih konsep yang mana? Mengapa?

JP book terbuka untuk buku kumpulan cerita dan buku tunggal, namun dari segi profit, lebih menguntungkan buku tunggal berseri. Karena jika isi buku terlalu komplit nanti konsumen cukup hanya membeli 1 jenis buku.

Bagaimana quality control terhadap buku dengan konsep penyusunan kumpulan cerita yang melibatkan beberapa author dan illustrator yang berbeda?

Biasanya author yang mengajukan atas nama tim yang memang berisikan beberapa ilustrator dan author. Kami meminta kepada satu orang dari tim untuk bertanggung jawab menyatukan dan menyelaraskan gaya gambar dan isi.

Apakah author memiliki andil dalam penentuan jenis bending, bentuk, ukuran buku, jenis cover, kertas dan material pembentuk buku?

Untuk jenis kertas dan penjilidan ditentukan berdasarkan pasar yang dibidik oleh pihak marketing yang sesuai dengan karakter buku tersebut, author tidak memiliki andil dalam pemilihan material dan proses cetak


Bagaimana cara berkomunikasi yang baik dan sesuai melalui buku bergambar untuk anak – anak?

Yang perlu diperhatikan adalah materi dan bahasa yang digunakan harus sesuai dengan anak-anak. Jangan terlalu kaku dan harus santai agar anak tidak merasa bosan. Selain itu harus meyusupkan nilai-nilai moral dalam setiap materi. Karena untuk anak usia ini adalah fase pembentukan karakter, jadi sebisa mungkin menyusupkan nilai-nilai kebaikan di dalam materi.

Apakah perlu untuk menyesuaikan materi yang akan di angkat dalam buku bergambar sains dengan kurikulum yang ada?

Author dapat membuat sebuah buku anak yang sesuai kurikulum atau lepas, selama ada benang merah, atau kesatuan pembahasan materi dalam satu buku.

Apa saja peran editor saat menyunting naskah buku anak? Sebatas pemakaian bahasa atau breakdown materi?

Editor pasti melakukan sunting bahasa pada sebuah buku anak, apabila ada bahasa yang terlalu rumit dan bertele-tele, atau kesalahan terlalu banyak editor dapat merombak tulisan tersebut sesuai dengan sinopsis yang sudah dikirimkan oleh author.

Bagaimana cara kita mengetahui bahwa materi yang author tawarkan dapat dipahami oleh pembaca anak – anak?

Author dapat melakukan sampling untuk mengetahui anak-anak dapat memahami materi di dalam buku. Atau cara yang mudah diamati apabila sampling atau anak yang diberikan buku dapat menceritakan ulang dengan benar isi buku kepada orang lain.

Siapa saja target audience yang disasar JP Book dalam penerbitan buku anak?

Target audiens sudah pasti si anak, tapi yang memutuskan pembelian sudah pasti orang tua anak. Jadi dari segi visual, gaya gambar yang menarik digunakan untuk mempersuasi anak agar membaca, dan konten atau isi agar orang tua membelikan buku tersebut.

Bagaimana posisioning buku anak di mata konsumen?

Kebanyakan memperlalukan buku seperti buku bacaan, apabila selesai dibaca disimpan. Beberapa mengumpulkan dan mengkoleksi buku-buku anak.

Apa saja bentuk – bentuk pemasaran yang dilakukan dalam memasarkan sebuah buku terutama buku bergambar untuk anak - anak?

Pemasaran yang dilakukan adalah penjualan langsung di toko buku modern dan indomaret. Selain itu pengadaan event-event seperti lomba dongeng yang harus membeli buku-buku dongeng berjudul tertentu dari JP book. Ada pula event yang diadakan oleh PAUD sekaligus launching buku. Media promo lain adalah iklan di media koran Jawa Pos dan brosur serta katalog.

Bagaimana keadaan kompetitor buku anak sains di pasaran ?

Selama ini penjualan buku anak selalu bagus karena konsumen anak-anak tidak pernah habis, tiap tahun pasti anak anak yang dilahirkan. Jadi pasar buku anak ini tidak terbatas.

Bagaimana cara mengetahui apakah sebuah buku dinilai sukses dipasaran?

Buku yang sudah mengalami cetak ulang beberapa kali dalam tahun pertama berarti sukses.

Bagaimana apabila terdapat buku – buku yang dijual secara obral Kalo sampai di obral itu, apakah publisher dan author mengalami kerugian?

Sedikit bocoran nih ya... Bisnis buku adalah bisnis yang walaupun buku sudah di diskon 50-75% penerbit masih untung 100%. Apabila buku disimpan digudang, maka penerbit akan dibebani oleh biaya sewa gudang, selain itu ada kemunkinan buku rusak karena lembab, rayap, dan sebagainya. Lebih murah kalau buku diobral atau dijual murah.



sumber: dokumentasi pribadi
Bagaimana, teman-teman ada yang tertarik membuat buku anak? atau mau colab dengan saya? silakan komen atau PM saja~ :3

1 komentar:

  1. trimakasih infonya mbak..
    mbak gmn cranya kirim naskah cerita anak di JP book kids?

    BalasHapus